Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit Punggung

Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit Punggung

Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit PunggungSemua orang, baik pria atau wanita, terlebih orang dewasa pasti pernah mengalami yang namanya sakit di bagian punggung saat tertentu dalam hidup mereka.

Meskipun biasanya kondisi ini bukan merupakan kondisi serius yang mematikan dan bisa sembuh hanya dalam beberapa minggu, tetapi tetap saja nyeri di punggung yang tidak mendapatkan penanganan tepat ini bisa membuat ketidaknyamanan sehingga memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Terlebih, gaya hidup manusia di era modernisasi seperti saat ini tanpa disadari sangat bisa memengaruhi kesehatan tulang.

Mulai dari terlalu banyak duduk, jarang bergerak, hingga kebiasaan menunduk saat melihat handphone atau tablet bisa memicu terjadinya nyeri punggung.

7 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Picu Sakit Punggung

Mengingat punggung memainkan peran penting bagi pergerakan tubuh, maka Anda harus tahu hal atau kebiasaan-kebiasaan apa saja yang bisa memicu sakit punggung seperti yang dikutip dari beberapa artikel kesehatan terpercaya ini.

Inilah kebiasaan sehari-hari yang bisa bikin nyeri punggung :

  1. Malas olahraga atau jarang bergerak

Apakah Anda termasuk orang yang malas bergerak atau olahraga? Jika ya, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan tidak baik ini jika tidak ingin mengalami masalah pada tubuh Anda seperti halnya sakit punggung.

Sesibuk apapun Anda, sebaiknya sempatkanlah waktu untuk berolahraga meskipun itu hanya untuk beberapa menit.

Karena olahraga tak hanya membuat Anda lebih bugar juga bisa terhindar dari yang namanya penyakit.

Anda bisa memilih olahraga yang cukup singkat, mulai dari melakukan peregangan, berenang, jalan sehat hingga bersepeda untuk mengencangkan otot-otot perut dan meningkatkan kestabilan otot punggung.

2. Merokok

Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit PunggungKebiasaan merokok memang sulit dan tak mudah untuk dihilangkan. Meski begitu, Anda tetap harus berusaha untuk menghentikan kebiasaan merokok karena zat kimia pada rokok bisa menghambat aliran darah di tulang punggung.

Selain itu, penyerapan kalsium pada tubuh pun bisa terganggu sehingga proses pembentukan tulang baru terhambat.

Hal inilah yang akan membuat tulang Anda mudah rusak dan berisiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis) lebih cepat. Pun, tak hanya merusak tulang, hampir semua organ tubuh bisa terkena dampak buruk merokok.

3. Memakai high heels

Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit PunggungUntuk sebagian wanita, memakai sepatu dengan hak tinggi memang bisa menunjang penampilan dan membuat Anda jauh lebih tinggi.

Tetapi, kebiasaan memakai high heels atau sepatu berhak tinggi terlalu sering dan dalam jangka waktu lama bisa membuat pegal, lecet, hingga sakit punggung bagian bawah.

Jika Anda memang tak bisa lepas dari sepatu berhak tinggi, agar terhindar dari sakit punggung baiknya membawa flat shoes atau sendal dan ganti high heels selama perjalanan pulang ke rumah, berangkat ke kantor atau di sela-sela waktu istirahat.

4. Duduk membungkuk

Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit PunggungCoba perhatikan, apakah selama bekerja atau belajar di kelas duduk Anda sudah benar? Jika posisi duduk Anda membungkuk, mulai saat ini perbaiki posisi tersebut, karena sering duduk dengan posisi ini lekukan normal pada tulang belakang bisa berubah.

Di samping itu, piringan sendi juga bisa rusak dan jika kondisi ini terus-menerus dibiarkan, berisiko mengalami penyakit nyeri sendi (arthritis) lebih besar.

Tak hanya itu, kebiasaan duduk membungkuk juga dapat menyebabkan cedera dan berisiko tinggi mengalami nyeri punggung. Untuk meminimalisir agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa melakukan peregangan ringan pada pinggang dan leher guna mengurangi tekanan pada otot setiap setengah jam sekali.

5. Bekerja sambil berdiri

Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit Punggung

Mungkin kista semua pernah dengar jika terlalu banyak duduk berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tetapi tak banyak yang tahu, jika ternyata berdiri sepanjang hari juga sama berbahayanya bagi kesehatan.

Terutama jika postur tubuh saat berdiri buruk, kondisi ini bisa berdampak besar pada kondisi leher, bahu dan tulang belakang. Bahkan postur tubuh yang salah memiliki konsekuensi yang mengerikan ketika berhubungan dengan sumsum tulang belakang, yakni menyebabkan nyeri kronis dan kelengkungan serius.

6. Sering mengangkat atau membawa benda berat

Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit PunggungMengharuskan membawa buku yang cukup banyak ke sekolah atau seringkali mengangkat barang yang cukup berat juga bisa menjadi pemicu sakit punggung.

Tekanan secara berulang pada tulang punggung membuat otot mudah stres dan pada akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Terlebih jika posisi tubuh saat mengangkat barang juga salah, cedera tulang punggung sangat mungkin terjadi.

Tetapi jika memang pekerjaan mengharuskan Anda mengangkat benda berat, maka pastikan posisi tubuh saat mengangkat barang tersebut benar untuk menghindari terjadinya cedera pada punggung.

Dan cara mengangkat barang yang benar agar terhindar dari cedera otot atau tulang punggung adalah dengan menekuk lutut saat mengambil barang (berjongkok) da posisikan tubuh kembali berdiri tegak, jangan malah membungkuk mengambil barang lalu menahannya dengan kedua tangan. Hal ini justru semakin meningkatkan risiko Anda mengalami nyeri punggung.

7. Main ponsel

Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Sehari-Hari ini Bisa Memicu Sakit PunggungTahukah Anda? Sebuah penelitian terbaru menunjukkan jika membaca pesan teks sederhana saja bisa menambah beban tekanan pada sumsum tulang belakang hingga 20 kg.

Jika Anda menggunakan ponsel setiap hari bisa menyebabkan kurva alami tulang belakang dan leher.

Para ilmuwan menghitung jika orang menggunakan ponsel rata-rata 2-4 jam sehari, itu berarti leher dibengkokan selama 700-1.400 jam setahun. Terlebih jika postur salah, terutama pada remaja bisa menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang serius.

Untuk itu, mulai saat ini batasi penggunaan gawai demi tulang belakang yang kuat dan sehat.

Itulah 7 kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu sakit punggung, semoga bermanfaat dan bisa lebih bijak dalam melakukan aktivitas agar tidak menimbulkan masalah yang merugikan kesehatan tubuh Anda.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel berikutnya …

Tinggalkan komentar